Kamis, 27 Oktober 2011

Berkat Ngeblog, Berani Menebar Semangat

Mengalami gangguan dengar memang bukan sesuatu yang istimewa, bahkan bukan hal yang patut di banggakan. Apalah pentingnya membanggakan gangguan dengar yang ada ini. Saya tak pernah memungkiri di lubuk hati yang paling dalam sebetulnya tak ada keinginan memiliki gangguan dengar.

Tetapi bila memang takdir berkata lain dan memang gangguan dengar ini harus bersama saya. Haruskan saya menolak apa yang sudah di gariskan. Maka tak ada cara selain menerima, berdamai dan mengerti bahwa mengalami gangguan dengar tak seburuk apa yang dipikirkan orang lain.

Dimulai dari rasa menerima itulah akhirnya muncul untuk untuk bisa berbagi dengan orang lain. Saya gunakan media blog dalam berbagi. Alasannya mudah saja, melalui media tulisan lebih mudah dipahami oleh yang membaca.  Untuk itulah saya ngeblog.

Tak mudah memang menuliskan semua itu di blog untuk dibaca secara umum. Butuh keberanian besar untuk mengakui bahwa saya adalah seorang dengan gangguan dengar dan dalam keseharian mengenakan Alat Bantu Dengar (Hearing Aid) dalam berkomunikasi.

Melalui media blog saya mengenalkan apa itu gangguan dengar, bagaimana orang yang terkena gangguan dengar dan stigma-stigma buruk tentang gangguan dengar. Saya jelaskan dengan apa yang saya ketahui dan tentunya dengan bahasa yang sederhana. Agar orang lain tahu gangguan dengar tidaklah seburuk yang mereka kira.



Dulu orang berpikir tuli berarti bisu. Akan tetapi sekarang hal itu tak belaku lagi. Sebab dengan kemajuan teknologi yang ada seorang anak cukuplah menjadi tuli saja tetapi tak lagi menjadi bisu. Tuli apabila masih ada sisa suara masih bisa dibantu dengan Alat Bantu Dengar (Hearing Aid).

***

Dua tahun sudah saya ngeblog, apa yang saya dapat dari tulis menulis tersebut.
Bila di ukur dari segi materi memang tak banyak. Tetapi bila yang dapat dari non materi itu semua berlimpah yang sudah saya dapatkan.

Betapa senangnya saya ketika menerima email dari orang lain yang ternyata memiliki gangguan dengar dan merasa yang saya tuliskan turut mewakili apa yang dirasakannya. Lalu betapa senangnya saya ketika melihat orang tergerak membantu kenalannya seorang anak yang mengalami gangguan dengar.

Hal yang tak saya lupakan terjadi tahun lalu di Pesta Blogger 2010. Dimana saya meraih juara 3 dalam writing contest. Saya bangga sebab yang tulisan yang saya sertakan dalam writing contest adalah tentang saya dan anak-anak yang terlahir mengalami gangguan dengar.

***

Saya semakin bersemangat menyuarakan tentang gangguan dengar. Mengabarkan bahwa tidaklah buruk mengakui mengalami gangguan dengar. Karena saya masih bisa beraktifitas sama seperti yang lain, berkomunikasi secara verbal. Hanya saja yang membedakan saya memelukan Alat Bantu Dengar (Hearing Aid) untuk bisa berkomunikasi dengan baik.

Dengan Ngeblog saya berbagi semangat kepada dunia dan mengatakan
“Haiii duniaa.. mengalami gangguan dengar bukanlah hal yang buruk.. Tetap Semangaat”

Tak perlu menunggu kaya..
Tak perlu menjadi hebat
Untuk bisa sekedar berbagi..
Mari tebarkan semangat lewat ngeblog

Selamat Hari Blogger Nasional 
Mari Tebarkan Semangat dan Kebaikan Melalui Blog..


*tulisan ini dikutkan dalam rangka memperingati hari Blogger Nasional di sini

20 komentar:

  1. Ralat, menang lomba itu di PB 2010. I'am photograpernya hihihihi *masih ada nih, fotonya :)

    BalasHapus
  2. @anaz: fotografer emang ingetannya nacep :D
    basi aah potonya itu2 mulu..
    tar klo nemu gambar tambahin gambar

    BalasHapus
  3. Dan ternyata blog ini benar-benar memberikan banyak informasi berharga tentang gangguan dengar dan segala macam hal terkait dg gangguan dengar.
    Itu makanya aku setuju jika akhirnya menang writing kontes di PB 2010 yg lalu.

    Terus berbagi ya mbak... dan pastinya tetap semangat utk ngeblog :)

    BalasHapus
  4. semangat berbagi
    semangat menyemangati mbak nita :D :D

    BalasHapus
  5. Ngeblog ternyata bisa menjadikan seseorang bersemangat. Kekurangan pada diri kita bukan lah segalanya tetapi awal dari kesuksesan.

    Berbagi tentang kekurangan atau kelebihan kepada orang lain, tentulah banyak manfaannya...yang penting positif dan menjadikan kita semangat utk maju.

    tetap semangat dan semangat ya Yus...

    BalasHapus
  6. salut deh sama Nita yang berani menuliskan kekurangannya di blog, bisa jadi penyemangat untuk yang lainnya

    BalasHapus
  7. Malem :)

    Lama banget aku gak kesini karna akunya hiatus juga hhe... :) tapi untungnya sempet nulis #BerkatNgeblog juga... he.. eh... yg terpenting cara kita nerima emank, soalnya orang yg mungkin secara fisik sempurna aja kadang gak bisa nerima dirinya apa adanya. dan ada aja yg masih ingin mereka tuntut...

    spechless euy, bingung mau koment apa lagi yg pasti Selamat hari Blogger Nasional dan Selamat hari Sumpah pemuda juga :)

    BalasHapus
  8. Berkarya dengan kondisi kita sempurna itu biasa mbak. tapi berkarya semampunya dengan segala kekurangan pada diri kita itu baru luar biasa..

    satu kata buat anda.. SALUT

    BalasHapus
  9. Yang penting tetap semangat apapun kondisinya

    BalasHapus
  10. @mba Rani (catatan kecilku): Insyallah akan terus berbagi, walau kadang hati kecil ini sering males juga..

    @mba uci (miss'U): sama-sama yaa


    @ibu dini: iya mba, aku gak nggak nyangka aja ada yang merasa apa yang saya tulis ada yang bilang 'ini yang saya rasakan juga'. jadi ngerasa ada yang senasib.


    @mba lidya: walau awalnya kok rada gimana yaa. Kayak gini kok di umbar-umbar. tapi klo mengingat ada banyak yg orang perlu tau rasa malu bisa di kesampingkan.


    @ferdinan: hee sorry juga, sering jadi dilent reader di blognya ferdinand. selamat hari blogger juga.

    @mas lozz akbar: sama-sama berkayra yaa ya untuk berbagi

    @cak nono: dan semangat itu mesti terus ada, walau dalam kondisi tak bagus sekalipun

    BalasHapus
  11. Manusia tidak ada yg sempurna, masing2 punya kelebihan dan kekurangan.....
    yg lebih penting adalah amal dan paling bertaqwa...
    terus semangat menulis dan berkarya sobat...
    salam kenal Mbak dari bloger pemula....

    BalasHapus
  12. Nice blog...
    keep on writing sis...

    BalasHapus
  13. Hidup ini adalah misteri, Hidup ini adalah ironi. Tidak ada yang dapat mengira kapan dirinya akan dipanggil Allah SWT. Meskipun engkau telah tiada, namun komentar ini kuanggap sebagai doa. Kita belum pernah ketemu, kita belum pernah bertutur sapa, namun semangat ngeblogmu sampai akhir hayat mampu memberi motivasi tersendiri bagi kami. Beristirahatlah yang tenang ya, semoga Allah SWT memberikan tempat yang terbaik bagi dirimu di alam sana. Aminnn...

    BalasHapus
  14. Semangat berbagi untuk berbagi semangat. Salam berbagi.

    BalasHapus
  15. Sebagaimana kita telah kuat dan sempat berbuat maksiat maka pada saat yang sama kita pun pasti kuat dan sempat berbuat taat. Masalahnya hanya terletak pada minat.

    [Belajar menjadi Manfa'at bagi sesama] :D

    BalasHapus
  16. terima kasih telah memberikan inspirasi bnyk orang utk lebih bersemangat menjalani hidup. sukses slalu utk anda

    BalasHapus
  17. kunjungan sob ..
    bagi" kalimat motivasi ya sob ..
    sikap kita terhadap kehidupan ini menentukan sikap kehidupan ini terhadap kita.
    kunjungan balik yaa ..:)

    BalasHapus
  18. Kunjungan siang sob!

    BalasHapus
  19. semoga artikel ini bermanfaat yah mbak yusnita... terimakasih....

    BalasHapus
  20. Subhanallah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua. Amin.
    ini adalah website milik saya: http://dagangin.com

    BalasHapus

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP