Rabu, 08 Desember 2010

Agar Hearing Aid Awet

Memiliki gangguan dengar dan tergantung dengan alat tentu saja bukan perkara mudah. Selain rasa tak nyaman juga harus memperhatikan dengan baik alat yang digunakan. Hal ini agar hearing aid (alat bantu dengar) memiliki masa pakai lebih lama.

Beberapa hal yang harus di perhatikan pengguna hearing aid agar alatnya bisa bertahan lama.
  • Hindari, jangan sampai hearing aid terjatuh atau terbentur benda keras.
    Sebab bila terjatuh besar kemungkinan ada bagian yang rusak, mungkin juga pecah. Bila kerusakan masih minimal masih mungkin di betulkan di tempat service hearing aid.
  • Hindari jangan sampai terkena cairan.
    Cairan ini bisa berupa keringat, tersiram air, terkena hujan. Untuk itulah ajari anak untuk menghidari alatnya dari cairan. Sebab bila hearing aid (alat bantu dengar) terkena cairan, bisa terjadi konsleting pada kabel yang ada di dalam alatnya.
  • Jaga baterai yang di pakai.
    Pastikan saat alat tidak di gunakan, keluarkan baterai dari hearing aid (alat bantu dengar). Hal ini untuk menghindari terjadinya karat pada baterai.
  • Jaga kebersihan alat.
    Setelah di gunakan, biasakan agar alat selalu di lap dengan kain lembut atau tissu. Jangan sekali-sekali menggunakan cairan pembersih atau air. Hal ini dapat merusak komponen hearing aid (alat bantu dengar). 
  • Ganti Earmold bila di rasa tak nyaman.
    Penting sekali mengganti earmold yang dirasa sudah tak nyaman di kenakan, bisa karena kotor atau sering lepas dari tube (selang penghubungnya).
  • Lakukan service secara berkala.
    Service ini bisa dilakukan dengan rentang waktu 6-7 bulan sekali. Service sekedar mengecek apakah alatnya masih berfungsi dengan baik atau ada komponen yang sudah tak layak. Penting sekali untuk melakukan service secara berkala. Hal ini untuk mengjindari kerusakan lebih parah pada hearing aid (alat bantu dengar).

Mungkin dari penjelasan di atas terkesan ribet. Tapi yakinlah bila sudah terbiasa semua akan dengan mudah dilakukan. Seperti hearing aid yang saya gunakan bisa berumur panjang yaitu sekitar 4-6 tahun masa pakai. Dengan usia pakai yang  panjang tentunya bisa lebih berhemat kaan.

Salam,

Yusnita Febri

3 komentar:

  1. pertamax....

    berarti kalo g dirawat dengan benar bisa g awet donk...

    BalasHapus
  2. iya..
    gampang rusak.. bisa cuma setahun usia pakainya. mana mahal lagi harga. Makanya sebisa mungkin sambil menabung untuk membeli selanjutnya, yaa rawat agar awet..

    BalasHapus
  3. Pagi Yusnita, gimana kabarnya hari ini....
    satu lagi info yang baik..
    Sukses selaly ya Yusnita...

    BalasHapus

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP