Kamis, 03 Februari 2011

Bila Pilek Datang Menyerang


Sering kali orang menganggap pilek itu sepele. Namun menjadi tidak sepele bila pilek itu menyerang orang dengan gangguan dengar.
Tahukah anda, bagi orang yang mengalami gangguan dengar sungguh tak nyaman saat pilek itu datang.

Perlu diketahui bahwa telinga dan hidung saling berhubungan. Dimana lubang yang menghubungkan telinga tengah dengan hidung di sebut dengan tuba eustachius. Apabila mengalami peradangan atau bahkan mampet, tentu saja mempengaruhi telinga.



Beberapa hal yang dirasakan oleh orang yang mangalami gangguan dengar kala pilek itu melanda.- Suara yang di dengar terasa bertambah kecil
- Telinga serasa ada yang menutupi.
- Tidak nyaman menggunakan Alat Bantu Dengar

Apabila pilek itu sudah berlalu, lega rasanya...

***
Cuaca Jakarta akhir-akhir ini memang tidak stabil, di tambah tingkat polusi yang tinggi, membuat saya seminggu lalu terserang pilek. Hal ini tentu saja membuat saya merasa tidak nyaman. Karena suara yang biasa di dengar bertambah kecil. Jujur saya takut sekali bila harus kehilangan suara yang biasa di dengar.

Pilek, bagi saya sungguh menyiksa. Selain hidung mampet telinga juga merasa ada yang menutupi. Padahal telinga saya baik-baik saja, dalam arti bersih tak ada sumbatan.

Seharian memakai Alat Bantu Dengar menjadi tak nyaman. Namun mau tak mau Alat Bantu Dengar itu tetap harus di gunakan selama saya berada di luar rumah. Mengingat Jakarta yang penuh hiruk pikuk kendaraan bermotor, tentu akan berbahaya bila saat berada di jalan suara yang saya dengar kecil.

Syukur Alhamdulillah setelah ke dokter dan minum obat, cukup seminggu saja pilek itu akhirnya berlalu. Kini saya sudah bisa merasa lega, karena suara yang saya dengar kembali lagi volumenya walau memang yaa bukan dalam desibel pendengaran normal. Setidaknya yang saya rasakan seperti sebelum terkena pilek.

***

Perlu di waspadai juga bila bayi atau balita terkena pilek. Sebab pilek yang lama sembuh juga merupakan salah satu penyebab anak mengalami gangguan dengar. Itulah mengapa jangan pernah anggap sepele bila anak anda pilek.

Pilek memang terlihat sepele dari luar, namun bila anda mau menyadari bahwa pilek itu sungguh menyiksa buat orang mengalami gangguan dengar.
Semoga melalui share tulisan ini bisa lebih mengerti bagaimana pengaruh pilek pada orang yang mengalami gangguan dengar.


Salam,

25 komentar:

  1. meskipun gak parah, lama-lama bagi orang biasa pun gak enak juga,,:D

    BalasHapus
  2. Sangat menggagu...apalagi bila anak kecil yang terjangkiti, pasti kasihan sekali.
    Kita yang orang tua saja kesusahaan apalagi anak2...
    Hi Yus...gimana kabarnya hari ini, semoga sehat selalu ya

    BalasHapus
  3. Ooo...,

    bgitu rupanya...,
    nice share...

    BalasHapus
  4. Ooo...,

    bgitu rupanya...,
    nice share...

    BalasHapus
  5. Semoga sekarang udah benar2 sehat ya mbak. Memang cuaca ekstrim akhir2 ini membuat ketahanan tubuh bisa menurun drastis.

    BalasHapus
  6. Ternyata pilek bisa mengganggu kenyamanan pengguna alat bantu dengar ya mbak..?

    BalasHapus
  7. semoga tante sudah sehat kembali sekarang.

    BalasHapus
  8. semoga tante sudah sehat kembali sekarang.

    BalasHapus
  9. semoga tante sudah sehat kembali sekarang.

    BalasHapus
  10. Selamat malam tante... ikutan mampir.. :D

    BalasHapus
  11. betul Mba Nita, sodara ku ada yg kena pilek lalu pendengarannya jadi bermasalah. Lalu, pengaruh obat dengan dosis tinggi juga membahayakan telinga ternyata. Kalo ke dokter, hati2 dengan obatnya. :D

    BalasHapus
  12. Musim hujan begini saya sering terserang flu...

    BalasHapus
  13. @fizer0: Ternyata sama yaa.. pilek itu nggak enak juga..

    @Ibu Dini: Iya bu, untuk anak kecil pilek bikin rewel yaa..
    Saat ini Alhamdulillah sudah berlalu pileknya

    @edo : yaa begitulah, terimaksih sudah mampir

    @mba Reni: untuk yang terkena gangguan dengar gak nyaman sekali saat pilek. Respon pada suara juga menjadi lambat.

    Cuaca memang saat ini berubah begitu cepat. Pagi cerah, sore hujan deras.

    @Shasha:Alhamdulillah sudah lewat pileknya, semoga Shasha juga sehat. Biar gak keganggua sekolahnya

    @Puji: Iya tuuh penggunaan obat juga mesti hati-hati. Makanya saat kedokter jadi lebih cerewet soal obat.. :)
    Sodaranya udah baikkan kaan

    @Wati: Hati-hati yaa mba..
    terutama saat pilek n obatnya..

    BalasHapus
  14. bukan hanya pagi orang2 seperti mbak aja yang terganggu klo lagi pilek loh mba...
    tapi klo saya seh pileknya biasanya karena kecapekan, stress, underpressure, biasanya cuman butuh wkatu untuk refreshing or istirahat udh baikan...hehee

    salam kenal mbak...
    maen maen ke rumah maya saya yah hehehe

    BalasHapus
  15. yaa sama laah.. saya pilek juga karena ngedrop ditambah cuiaca yang gak bersahabat polusi..
    makanya nih vitmin n banyak minum air putih penting banget..

    btw salam kenal kembali...

    BalasHapus
  16. untuk solusi preventifnya mungkin bisa mengenakan masker saat keluar rumah mbak.

    btw salam kenal, iya sama memang indobrad yg mbak maksud. tapi sementara domain .web.id nya saya pensiunkan dulu. saya masih ingat kok, mbak yg menang di Writing Contest PB 2010 kan? hehe

    BalasHapus
  17. salam kenal mbak saya izin follow mohon follow balik

    BalasHapus
  18. Paling engga enak kalo kita lagi batuk dan pilek..
    doh rasanya semua "basah"

    BalasHapus
  19. mbak blogmu udah aq pasang diblogroll
    biar tejaga tali silaturahmi kita :)

    hmmm minum vitaminnya itu mbak...saya paling males klo suruh minum obat hehehe
    okelah tetep jaga kesehatan ya mbak...

    salam,,,

    BalasHapus
  20. Karena kebanyakan ngerendem di sumur (ngakak)

    BalasHapus
  21. Kunjungan perdana mbak. Saya tahu blognya mbak dari salah satu postingannya catatan rio

    Ijin follow mbak. Kalau berkenan follow balik ya mbak

    BalasHapus
  22. Salam..pagi Yusnita gimana kabarnya, Mb mau ngasih Award disini ambil ya..http://barbiedini.blogspot.com/2011/02/award-untuk-sahabat.html

    BalasHapus
  23. penyakit walaupun kecil jangan dianggap sepele, segera diobati. memang akhir2 ini karena cuacanya g menentu banyak penyakit yang datang.
    semoga kita semuanya dijauhkan dari segala penyakit yang ada. trims atas infonya, sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  24. wah makasih infonaya nit :) jaga kesehatan yach..

    BalasHapus
  25. Pilek memang mengganggu ya. Saya pernah baca di website iyaa.com kalau rajin berolahraga dapat menghindarkan diri secara alami dari pilek.

    BalasHapus

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP