Selasa, 05 Oktober 2010

Earmold pun Harus di Perhatikan


Untuk orang yang memiliki gangguan dengar dan menggunakan hearing aid / alat bantu dengar (ABD). Earmold pada alat bantu dengar juga harus di perhatikan. Earmold adalah cetakan telinga yang berfungsi agar suara dari alat bantu dengar bisa di dengar dengan baik.

Earmold yang tidak cocok dan tidak pas di telinga akan menyebabkan bunyi feedback pada alat bantu dengar. Hal ini dapat menggangu kenyaman dalam mendengar.

Pada anak-anak, harus di perhatikan dengan baik mulai dari bahan sampai tipe. Untuk anak-anak disarankan menggunakan menggunakan earmold yang lembut dalam hal ini menggunakan bahan silicon.
Selain itu itu gunakan earmold bertipe full -lihat gambar-, dimana menutupi seluruh lubang telinga sampai ke sela-sela telinganya. Hal ini dimaksudkan agar earmold tidak mudah lepas.

Karena anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan, akan sering terjadi penggantian earmold. Untuk itulah mengapa pada anak-anak, earmold di ganti setiap 3-4 bulan sekali. Tentu saja mencetak earmold yang baru juga membutuhkan biaya. Untuk mencetak earmold biayanya sekitar Rp.65.000 s/d Rp.85.000

Untuk saya sendiri biasanya 6 bulan -1 tahun sekali menganti earmold. Sebab bila tak diganti dapat mempengaruhi kenyamanan dalam mendengar.

Mungkin kesannya ribet sekali dalam menggunakan hearing aid / alat bantu dengar (ABD). Sebab banyak sekali yang harus di perhatikan. Namun untuk saya sendiri tetap biasa saja. Lagipula sudah sepantasnya alat yang membantuku dalam mendengar memang perlu mendapat perhatian.



10 komentar:

  1. di mana toko alat dengar ini nit?

    BalasHapus
  2. Pagi Nita...semoga hari ini dapat melakukan aktifitas dengan baik ya..
    Salam hangat selalu

    BalasHapus
  3. @Ngaji al-Qur'an:
    Tokonya untuk PT.ABDI ada di Sentra Salemba Mas dekat halte busway matraman
    Sentra Salemba Mas Kav A
    Jl.Salemba Raya No 34-36
    Jakarta 10430
    Tel: (6221) 31902323 (Hunting), 3924673, 3924677

    di sana bisa konsultasi dulu sebelum siap membelinya. Ingat konsultasi penting untuk mendapatka alat yang tepat. karena akan mencoba juga ABD yeng memang untuk di coba

    untuk Hearing Kasoem ada di Cikini
    Jl. Cikini Raya 18 Jakarta Pusat 10330, Telp. (021) 315 1070, Fax. (021) 390 9748

    semoga bisa membantu

    @ibu Dini: Selamat Pagi bu..
    salam kembali untuk Dini, semoga sekolahnya semenyenagkan.. lucu soalnya :)

    BalasHapus
  4. Ooh, berarti anak2 harus lebih sering mengganti earmold ini ya mbak. Bisa dijelaskan lebih detail kenapa bisa begitu? Saya punya teman yg anaknya jg memakai earmold..

    BalasHapus
  5. Pada anak-anak karena sedang dalam masa pertumbuhan, maka lubang telinga mereka juga mengalami perubahan yaitu semakin bertambah besar. Inilah mengaa bila earmold tidak diganti maka akan longgar saat di pasang pada telinga anak. Akibatnya menimbulkan suara feedback yaitu suara melengking (seperti seperti suara melengking mikrofon, taukan?).
    Ini tentu tak baik bagi anak-anak karena selain merasa tak nyaman dengan alat bantu dengarnya juga menghambat proses mereka dalam belajr mendengar dan berbicara.
    Itulah mengapa anak-anak bisa lebih sering mengganti earmold.

    Selain itu penggantian earmold bisajuga karena patah,rusak,kotor,dsb

    BalasHapus
  6. kalo salah pasang
    ato pemasangannya gx pas bisa gx nyaman ya

    hai mba^^
    dah lama gx mampir kesini

    BalasHapus
  7. Jadi earmold satu perangkat dengan ABD ya? Kalau cuma pakai ABD aja, gimana suara yang didengar dibanding dengan kalau pakai earmold?

    BalasHapus
  8. @pelangi anak:
    Earmold ibarat pengubungnya Mba..
    jadi ABD gak fungsi dong bila tanpa earmold.
    Sebab jadi tak terdengar suaranya.

    maka dari itu ABD begitu spesifik, tak bisa di pinjam-pinjam macem kacamata :)
    sebab cetakan telinga setiap orang pasti berbeda bentuknya.

    @Chika:
    Terimaksih sudah mamapir, apa kabar... senang Masih bisa bertemu Chika di Blogspot

    BalasHapus
  9. berkunjung tuk menyapa mb nita :)

    BalasHapus
  10. Sebelumnya... salam kenal, ini site yg sangat edukatif, Sekedar menambahkan saja.....@Pelangi anak, selain earmold utk standard ABD itu ada eartip yg sama berfungsi spt earmold, eartip tersedia dalam beberapa ukuran.
    Basicly, ABD jenis Behind the ear (BTE)terdiri : Hearing Aid, Tube (selang) dan Eartip/earmold.

    BalasHapus

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP