Jumat, 22 Oktober 2010

Berbagi Melalui Media Sosial


Pada fitrahnya manusia adalah mahluk sosial, dimana membutukan suatu media untuk saling berinteraksi antara satu dengan lainnya. Melalui media sosial itulah bisa saling berbagi, bertukar informasi tanpa ada sekat yang membatasi.

Ketika menyadari bahwa diri ini berbeda, kadang terlintas ada rasa tak terima. Rasa mengelak pada kenyataan yang ada. Namun bila mau mengakui bahwa dari yang berbeda itu ada banyak cerita untuk dibagi. Ada semangat yang bisa di tularkan, agar tidak menyerah pada keadaan.

Berawal dari media sosial, aku mulai mencari anak-anak yang sama denganku. Dimana anak-anak itu juga mengalami gangguan dengar. Satu persatu kujalin kontak dengan orangtuanya. Tak mudah memang menemukan meraka, dan mengetahui bagaimana keadaan anak-anak itu sebenarnya.

Berinteraksi melalui media sosial yang berupa blog, membaca share orangtua mengenai anaknya yang mengalami gangguan dengar seakan aku pun merasa itu adalah diriku juga. Ternyata anak-anak itu mengalami hal yang sama kurasakan dulu.

Semakin seringnya berinteraksi, menjadikan kami semakin dekat. Saling menguatkan, agar tak putus asa pada keadaan. Betapa melalui kekuatan media online sebuah kata begitu berarti dan begitu bermakna bagi kami.

****

Sering kali orang menganggap remeh akan peranan media sosial. Banyak yang menganggap hanya digunakan untuk bersenang-senang saja. Itulah mengapa seringkali media sosial menerima tundingan negatif dari berbagai pihak. Padahal media sosial bisa dimanfaatkan secara luas. Melalui media sosial banyak informasi yang bisa di sebarkan. Itulah yang kurasakan.

Melaui media sosial aku menyebarkan tentang berbagai hal mengenai gangguan dengar dan bagaimana stigma yang melekat pada orang yang mengalami gangguan dengar. Lalu mengenai bagaimana rasanya hidup tergantung pada sebuah alat yang menempel di telinga. Sehingga seringkali dipandang aneh oleh orang sekitar.

Walaupun mungkin yang kulakukan tak seberapa, setidaknya  melalui media sosial aku telah mencoba untuk berbagi.

_________________________________
*ditulis untuk memeriahkan Lomba Blog XL

8 komentar:

  1. Wah ikutan yang ini juga yah?

    Selamat, Mbak. Moga menang yah? ;)

    BalasHapus
  2. Sedang semangat utk ikut lomba blog ya mbak..?
    Semangat terus ya... semoga menang. Amin.

    BalasHapus
  3. Salut dg semangatnya berbagi, semoga banyak orang yg itu menjadi semangat seperti mbak Nita..

    BalasHapus
  4. wah sukses buat lombanya mba^^
    moga menang yahh

    BalasHapus
  5. Yup benar, sebaiknya para Blogger juga dapat berinteraksi dgn para Wapmaster & Webmaster sehingga dpt menambah informasi dan pengetahuan yg sdh ada,..

    BalasHapus
  6. Media sosial adalah teknologi dan merupakan "tools" untuk berinteraksi. Memang patut disayangkan pada saat berinteraksi dalam media sosial banyak orang yang melupakan ETIKA layaknya pada saat berkomunikasi/ interaksi tatap muka. Saya kadang tercengang dan tak habis pikir kata-kata maupun komentar yang saya baca dalam blog, dan saya yakin kata-kata maupun komentar tersebut tidak akan pernah berani diutarakan pada saat tatap muka.

    BalasHapus
  7. kunjungan perdana, salam kenal, alangkah indahnya bila kita bisa bertukar link :)
    dengan http://blog.umy.ac.id/tutorialblogging/
    kalau bersedia saya sangat berterima kasih

    BalasHapus

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP