Selasa, 24 November 2009

Mengenakan Hearing Aid perlu di biasakan

Mengenakan hearing aid (Alat Bantu Dengar) itu tidak mudah. Perlu pemahaman akan pentingnya menggunakan alat ini.

Begitupun denganku, awal mula mengenakan Hearing Aid masih belum bisa sepanjang hari. Lebih sering di lepas karena telinga yang tak terbiasa tertutup oleh ear mold (cetakan telinga).

Masih sering lupa mengenakannya kala berangkat ke sekolah. Akibatnya tak jarang saya merasa bingung karena suara yang saya dengar terlalu kecil. Atau ketika saya berbicara, terlalu besar suara yang saya keluarkan seperti sedang berteriak.

Tentu saja ini menggangu orang-orang di sekitar. Maka dari itu secara perlahan di biasakan penggunaan hearing aid, agar merasa bahwa alat ini sudah menjadi bagian dari telinga.

Bagi orang yang sebelumnya bisa mendengar dengan baik, akan terasa berbeda suara yang di dengar melalui hearing aid. Maka dari itu perlu di biasakan menggunakan alat ini.

Untuk anak yang mengalami gangguan dengar sejak bayi, hal ini tentu lebih sulit untuk membiasakannya. Karena bayi pada umumnya lebih banyak bergerak. Tentu saja Hearing Aid yang di gunakan biasanya akan di tarik-tarik hingga lepas. Maka dari itu hearing aid untuk anak kecil perlu dikaitkan pada tali yang mirip digunakan untuk kacamata agar saat di tarik tidak jatuh ke bawah. Karena bila hearing aid sampai jatuh ke bawah akan pecah. Tentu sangat di sayangkan mengingat harganya yang tidak murah.

Dengan membiasakan mengenakan hearing aid, maka secara tak langsung orang yang mengalami gangguan dengar akan merasa bahwa alat itu sudah menjadi bagian dari tubuhnya. Karena dengan alat itulah orang yang mengalami gangguan dengan terbantu untuk dapat bekomunikasi sama baiknya dengan orang yang berpendengaran normal.


3 komentar:

  1. Artikel yang bagus.. sukses selalu.. keep blogging...

    BalasHapus
  2. cuma awalnya saja yg mungkin berat karena belum terbiasa, tapi untuk selanjutnya akan terbiasa sobat, tetap semangat ya sob....

    BalasHapus
  3. @Akhatam: masih banayk belajar bikin post nih.. masih ada yg kacau. Ada yg ilang linknya postingannya

    @Mas Moer: Proses adaptasinya, penerimaan pada lingkungan juga sama beratnya. Yup tetap semangat ^_^

    BalasHapus

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP