Minggu, 15 November 2009

Hearing Aid itu...

Hearing Aid itu merupakan suatu perangkat elektrionik yang dipasang pada telinga, dengan maksud untuk memperkeras (amplifikasi) suara disekitar pemakainya. Kemudian suara tersebut di teruskan ke dalam telinga, sehingga para pemakainya dapat mendengar dan berkomunikasi dengan jelas.

Memang masih masih banyak orang yang belum mengetahui dan memahami apa manfaat si kecil mungil itu. Syukurlah teknologi yang semakin maju, memungkin orang-orang yang mengalami gangguan dengar dan tuli bisa mendengar kembali melalui sebuah alat elektronik yang bernama Hearing Aid (Alat Bantu Dengar).

Hearing Aid ini memiliki berbagai jenis, sesuai kebutuhan penggunanya. Yang paling umum di pakai oleh orang yang mengalami gangguan dengar adalah tipe BTE (Behind The Ear), dimana dalam menggunakannya di kaitkan ke daun telinga. Tipe ini kebih menjangkau pada ketegori ganguan dengar ringan hingga sangat berat.

Hearing Aid ini dijalankan dengan menggunakan sebuah baterai, adapun baterai yang digunakan berupa baterai berbentuk bulat dengan berbagai macam seri. Untuk Hearing Aid saya, baterai  yang digunakan yaitu seri 675.

Walaupun kecil bentuknya dan ringan, namun alat ini sangat mahal harganya. Ini di karenakan Hearing Aid tidak tersedia di dalam negeri, jadi masih harus di impor dari luar negeri. Biasanya dari negara eropa seperti misalnya Jerman, Swiss.

Untuk mendapatkannya harus impor, itulah mengapa Hearing Aid masih digolongkan kedalam kategori barang mewah. Sehingga di kenai pajak yang besar dan harga jualpun menjadi mahal. Selain itu Hearing Aid ini sangat sensitif, alat ini tidak boleh terjatuh, terkena air, terpapar suhu panas. Maka dari itu penggunaan hearing aid ini sangat eksklusif dan harus hati-hati.

Harga Hearing Aid tergantung pada kategori gangguan dengar. Untuk gangguan pendengaran kategori ringan-sedang masih bisa dibeli seharga 2jt rupiah. Sedangkan semakin berat gangguannya maka makin mahal pula hearing aid yang harus di beli.

Sungguh sangat di sayangkan karena harganya yang begitu mahal, banyak sekali orang yang mengalami gangguan dengar tidak dapat membelinya. Apalagi untuk anak-anak Tuna Runggu, Hearing Aid sangat penting untuk pekembangan komunikasi mereka. Dengan mendengar anak-anak Tuna Runggu dapat di latih untuk berbicara dan mengeluarkan suara. Sehingga anak-anak itu bisa bebas dari stigma tuli-bisu. Karena melalui Hearing Aid mereka bisa mendengar dan berbicara..

*gambar di ambil di sini

13 komentar:

  1. Sy pernah dengar harganya sampai 3jtan...

    BalasHapus
  2. harganya tergantung kurs dollar. Dulu waktu pertama kali saya beli th 92 harganya 500rb itu sebelum reformasi. Terakhir kali saya beli harganya 4jt.
    Selain itu jernih tidaknya suara yang di tangkap, juga mempengaruhi harga. Yaa.. memang berat, tapi bagainmanapun mesti tetap di beli.

    BalasHapus
  3. Tapi tetap semangat khan...???sukses selalu ya Mbak!!!

    BalasHapus
  4. Yup, harus tetap semangat pada segala keterbatasan yang ada. Walau tak mudah, karena gangguan dengar ini kadang mengundang berbagai masalah. Tapi tetap harus di jalani.. :)

    Btw Thx yaa.. sudah koment di sini..

    BalasHapus
  5. Hmmmm dah semakin modern nich dunia kesehatan....mantab infonya......

    Salam Damai Indo15 With Acatrazz


    P E A C E

    BalasHapus
  6. @×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷×, (bingung nulisnya :D):
    Makanya orang-orang seperti kami yang memiliki gangguan dengar bersyukur, terbantu karena adanya teknologi. walau kami harus membayar mahal untuk teknologi tersebut..

    BalasHapus
  7. makasih banget artikelnya, semoga makin membuat kami makin bersyukur akan semua karunia-Nya.

    buat yang nulis, semangat ya mba...semua pasti ada hikmahnya dan selalu bersyukur agar hidup terasa lebih indah.

    ditunggu terus artikel lainnya ya, sangat bermanfaat buat kami.

    BalasHapus
  8. ... lagi jalan-jalan. sambil baca2 blog`nya.. eh informatif bgt ternyta.. thx infonya mba.. :)

    BalasHapus
  9. @mbak Narti: Iya mbak beryukur itu memang penting. Sayapun bersyukur ada Hearing Aid yang membantu saya untuk mendengar kembali..

    @Iin : Terimakasih yaa..sudah berkunjung.. ^_^

    BalasHapus
  10. teknologi memang banyak membantu manusia bila di manfaatkan dengan benar....
    btw link blog mbak nita sudah saya pasang di blog aku..ditunggu link baliknya.. thanks

    BalasHapus
  11. hmm..semoga bermanfaat sekali buat kamu...sepanjang hayatmu

    BalasHapus
  12. @Fauzi : begitulah bila teknologi dimanfaatkan dengan benar, bisa menolong.
    Btw Linknya sudah di pasang kok


    @Baburix: sekali kna gangguan dengar, maka Hearing aid akan terus menemani sepanjang usia.

    BalasHapus
  13. Pemerintah harus tanggap nich, bisakah disubsidi?

    BalasHapus

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP